Rabu, 20 April 2011

MASALAH-MASALAH DALAM PEMAKAEAN LINUX

Diskusi Linux di PPTiK UGM (2)
Masalah pengalihan penggunaan komputer dari yang windows minded ke yang lebih open source, bukan hanya sekedar menyangkut masalah teknik saja, tetapi sudah mengarah pada masalah budaya dalam arti sudah menyangkut pula aspek sikap atau kebiasaan sehingga membutuhkan proses dan tentu saja memakan waktu juga. Bahkan menurut Mr. Mardhani (Kabid Info PPTiK UGM) pola seperti itu ternyata memang disengaja oleh Microsoft dimana penggunanya dibikin ketagihan terus buat menggunakan Windows dari versi yang satu ke versi yang lebih canggih, termasuk masalah aplikasinya yang begitu mudah hingga bersifat WYSWYG (What You See What You Get), kompatibilitas dengan hardware lain sekaligus aplikasi softwarenya….yang kalau dituruti terus memang akan bikin bangkrut isi kantong juga karena mahalnya….
Mungkin ibarat kita perang dengan segala bentuk monopoli, walau yang ini sang pelaku memanglah sebuah perusahaan yang canggih dan sangat berkualitas hingga agak susah buat menyainginya. Dengan kata lain, buat mindahin program dari windows ke open source memang butuh waktu dan merupakan tantangan yang berat. Bahkan dalam diskusi, Mr. Mardhani mengaku di UGM sendiri proses alih program dari windows ke Linux belum 100% dapat dilaksanakan. Menurut Saudaraku yang kebetulan jadi karyawan UGM juga, sebenarnya pelatihan Linux juga telah dilaksanakan di kantornya….hanya saja kantornya masih memakai program windows hingga Linux-nya jadi lupa lagi….Mensikapi hal tersebut, Mr. Mardhani menyarankan hal yang cukup ekstrim yakni me-Linux-kan semua komputer yang ada di lingkungan kantor….kalo perlu diberlakukan larangan memakai windows di kantor and di Perda-kan sekalian….(sambil guyon bahkan dijelaskan bahwa keberhasilan Linux-isasi di Aceh salah satunya karena semua komputer di Aceh hilang tersapu Tsunami….)
Hal lain yang menjadi kendala pemakaian Linux adalah anggapan bahwa Linux kurang sempurna apabila dibandingkan windows….lebih sulit….harus pakek kode-kode tertentu….kurang kompatible dengan hardware lain dsb….dsb….sesuatu yang sebenarnya hanya anggapan saja….tapi akan tak coba buat menguraikan masalah-masalah seputar pemakaian Linux ples solusinya menurut PPTiK lho…..
  1. Masalah Pemilihan Distro
Kalau di windows kita akan diajak untuk selalu meng-update seri terbaru dari windows karena semakin lama semakin canggih fasilitas yang disediakan….maka dalam Linux hal itu gak berlaku….Malah dalam hal ini kita disuruh memilih sendiri distro-distro yang cocok buat spesifikasi komputer kita….Walau saat ini distro U Buntu dianggap sebagai Linux versi terlengkap akan tetapi kita tak harus serta merta memilih untuk menginstalnya di komputer kita….Jika kita punyanya hanya komputer pentium 3 dengan RAM 64 maka kita cukup milih distro Knopix or debian yang sederhana saja….Oleh karena itu, Anda harus meneliti terlebih dahulu distro Linux yang akan Anda pakai berkaitan dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki. Sebagai alternatif yang paling aman adalah dengan menggunakan program Live CD sebagai percobaan awal sebelum benar-benar menginstalnya….Program Live CD merupakan program Linux yang bisa dijalankan tanpa harus menginstalnya….Jika sudah cocok dengan distro yang bersangkutan, baru deh diintsalin secara full version…. 

  1. Masalah Konektivitas dengan Hard Disk Lain
Sebenarnya semua hardware bisa terhubung dengan program Linux….Anda bisa lihat pengalaman UGOS (UGM Goes Open Source) berhubungan dengan konektivitas Linux dengan beberapa hardware, baik printer, scanner, pada www.ugos.ugm.ac.id/ kompatibilitas…. Hanya saja dalam hal ini, sebagai bagian dari strategi monopolinya, Microsoft telah bekerjasama dengan beberapa vendor hardware sehingga produknya hanya bisa dibuka jika sebuah komputer memakai program windows. Na…..kalo yang demikian kita gak bisa apa-apa…..sehingga sebagai bagian strategi perang terhadap monopoli dari microsoft, kita disarankan untuk tidak membeli produk-produk yang begituan alias kita beli hardware yang Linux base….Jangan khawatir, vendor-vendor besar biasanya sudah Linux base….yang agak mengkhawatirkan adalah vendor-vendor kecil dengan harga murah yang membanjiri pasaran Indonesia saat ini….So…. hati-hati dalam membeli….lihat spesifikasinya Linux base or tidak…..
  1. Masalah Konetivitas dengan Flash Disk
Salah satu pengalaman Mr. Vandoyo saat menginstall U Buntu demikian lama sehingga dia pilih menginstal yang mandriva yang lebih enteng dan singkat waktu penginstalannya…..Na….disini kemudian dia merasa kesulitan saat mencoba memasukkan flahk disk…eee…..ternyata gak bisa terdeteksi oleh komputer….Walau menurut Mr. Mardhani kasus tak terkoneksinya flash disk hanya dijumpai pada distro-distro Linux yang lama…sementara untuk distro-distro terkini hal itu tidak bakalan terjadi….
  1. Masalah Pembuatan Jaringan dengan Linux
Bagaimana dengan pembuatan jaringan ?! Hampir tak ada masalah….sebagai contoh Anda bisa melihat artikel tentang pembuatan jaringan Linux via distro mandriva disini….atau disini ….bahkan pembuatan jaringan komputer dengan menggunakan Linux lebih bebas virus daripada dengan menggunakan program windows….Sebagai contoh adanya serangan hacker terhadap website KPU, setelah ditelusuri ternyata KPU membuat website yang berbasis windows….saat diganti Linux maka website itu menjadi lebih aman…. Bahkan sejak dimulainya program open source, PPTIK UGM belum pernah mendapatiserangan virus pada jaringan komputernya….
  1. Masalah Susahnya Informasi tentang Linux
Ini juga masalah yang terjadi seputar penggunaan Linux, yakni minimnya tempat bertanya jika kita mendapatkan kesulitan dalam mengoperasikan program Linux….. maklumlah masih relatif sedikit yang nguasai Linux dengan baik…apalagi di kalangan PNS, tambah susah lagi…..Tapi itu khan di dunia nyata. Di dunia maya penguasa Linux itu banyak sekali. Disamping di PPTIK UGM, masih banyak situs-situs internet yang membahas seluk beluk pemakaian Linux….diantaranya di http://www.infolinux.co.id/, http://id.wikipedia.org/, http://www.linux.or.id/, http://www.linux.org/, http://semarang.linux.or.id/, http://Jogja.linux.or.id/, http://ilmukomputer.com/, And jika di situs-situs tersebut gak ada….maka seperti biasa Anda bisa minta bantuan Paman Google buat mencarinya….syukur-syukur Anda termasuk orang yang gak gampang pusing jika ngebaca teks yang berbahasa Inggris….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar